Determinan Perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks pada Pegawai di Pemerintah Kabupaten Badung

Determinants of Behavior of Early Detection of Cervical Cancer among Employees in Badung District Goverment

  • Ni Luh Putu Suariyani
  • Made Intan Kusuma Dewi

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks adalah salah satu penyebab kematian tertinggi kedua pada wanita setelah kanker payudara. Berdasarkan data WHO, insiden kanker serviks pada tahun 2012 di perkirakan  terjadi sebanyak 528.000 kasus yang terjadi di seluruh dunia dan sebesar 90% dari kasus tersebut diperkirakan terjadi pada negara-negara berkembang. Pemberian vaksinasi HPV merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Pemberian vaksinasi HPV lebih efektif diberikan pada wanita dengan usia 9-26 tahun dan belum pernah melakukan hubungan seksual. Berdasarkan laporan CDC, pada wanita usia subur yang telah mendapatkan vaksin HPV dan telah berhubungan seksual secara aktif sebaiknya mau melakukan deteksi dini kanker serviks. 

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor determinan yang mempengaruhi perilaku untuk melakukan deteksi dini kanker serviks pada pegawai yang telah mendapatkan vaksinasi HPV di Pemkab Badung.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian crosectional deskriptif dengan total jumlah sampel sebanyak 150 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode PPS.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 variabel yang diteliti yaitu: pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan teman, adanya faktor risiko kanker serviks dan adanya gejala kanker serviks terhadap perilaku deteksi dini kanker serviks, yang memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku deteksi dini kanker serviks pada responden yang telah mendapatkan vaksinasi HPV adalah pengetahuan (OR = 4,45;CI 95% = 1,399-18,589), dukungan keluarga (OR = 3,53;CI 95% = 1,197-12,6), dukungan teman (OR = 6,06;CI 95% = 2,292-16,055) dan dari 16 responden yang memiliki gejala kanker serviks 11 diantaranya telah melakukan deteksi dini. Sedangkan variabel sikap dan adanya faktor risiko kanker serviks.

Kesimpulan: Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah perlunya peningkatan dalam pemberian komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) mengenai cara pencegahan dari penyakit kanker serviks.

 

Kata Kunci: Faktor Determinan, Kanker Serviks, Deteksi Dini, Vaksinasi HPV, Pemkab Badung

References

DAFTAR RUJUKAN

Rasjidi, I. Deteksi Dini & Pencegahan Kanker pada Wanita. Jakarta. Sagung Seto; 2009.

Radji,M. Vaksin Kanker. Majalah Ilmu Kefarmasian. Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Departemen Farmasi FMIPA. Universitas Indonesia. Depok 16424.2009;4 (3) : 109-118

Rasjidi, I & Henri. Vaksin Human Papilloma Virus dan Eradikasi Kanker Mulut Rahim. Jakarta: Sagung Seto; 2007.

CDC. Human Papillomavirus. Sexually Transmitted Diseases Treatment Guidelines 2010. [s.l] : [s.n]; 2010.

Depkes, RI. Buku Saku Pencegahan Kanker leher Rahim & Kanker Payudara. Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Departemen Kesehatan RI; 2009.

Dewi, S. N, S. & Pancrasia, M. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) dengan Pemerikasaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Puskesmas Buleleng I. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga Pascasarjana UNS. 2013; 01(1) : 57-66.

Aminatul, F.. Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Prilaku SADARI di Wilayah Kerja Puskesmas Manyaran Kabupaten Wonogiri. Solo: Universitas Sebelas Maret; 2015.

Annisa, W. N. Hubungan Antara Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Kanker Serviks dan Tindakan Pemeriksaan Pap Smear di Kelurahan Sidangnegara Kabupaten Cilacap. Surakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2016.

Ayu, C.D. Faktor yang Menghubungkan Penerimaan Program Vaksinasi HPV pada PNS di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung : Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana; 2014.

Budiman, N. A, dkk. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Wanita Pekerja Seks (WPS) Jalanan dalam Upaya Pencegahan IMS dan HIV/AIDS di Sekitar Alun-Alun dan Candi Prambanan Kabupaten Klaten. Semarang :Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Universitas Diponogoro Semarang; 2008.

Dinkes, Badung. Laporan Tahunan Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Badung 2014. Badung : Dinas Kesehatan Kabupaten Badung; 2015..

Dinkes, Prov. Bali. Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2014. Bali : Dinkes Provinsi Bali; 2014..

Handayani, L. Menaklukan Kanker Serviks dan Kanker Payudara dengan 3 Terapi Alami. Jakarta. Agro Media Pustaka; 2012.

Hasan, S.A. Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya; 2014.

Hestuningtyas, N. S. Faktor Risiko Kanker Serviks di RSUD Tugurejo Kota Semarang Tahun 2015.Semarang : Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nusantara; 2015.

Kartini, dkk. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perubahan Konsep Diri pada Pasien Pasca Stoke di Poliklinik Saraf Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Makasar Stikes Nani Hasanudin; 2013.

Kasih, W. N. Gambaran Motivasi WUS Dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di Kelurahan Banyuurip Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Ungaran : Program Studi Diploma III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngundi Waluyo Ungaran; 2015.

Kemenkes, RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

Kemenkes, RI. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI . Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;2015.

Mahendra, B. Vaksin Human Papillomavirus. Bali : Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana / Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah; 2012.

Manan, E. Kamus Pintar Kesehatan Wanita. Yogjakarta : Buku Biru; 2011.

Notoatmodjo, S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta; 2014.

Novya, A. D. Paparan Asap Rokok dan Higiene Diri Merupakan Faktor Risiko Lesi Prakanker Leher Rahim di Kota Denpasar Tahun 2012. Bali : Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana; 2012.

Rachmat, M. Buku Ajar Biostatistika Aplikasi Pada Penelitian Kesehatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2012.

Saputri, M. A. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dengan Keikutsertaan Wanita Dalam Melakukan Pemeriksaannya di Desa Godengan Mojolaban Sukoharjo. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta:2016

Sari, S.L. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Dini Kanker Serviks Pada Pasien di Klinik Seroja Kota Kediri: [s.n.]; 2010

Savitri, A. Kupas Tuntas Kanker Payudara, Leher Rahim & Rahim. Jakarta. Pustaka Baru Press; 2015

Sulistyoningrum, R. Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Akses Terhadap Informasi Dengan Perilaku Sehat Reproduksi Remaja Slow Luarner. Surabaya : Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya; 2013.

Sumantri, H. Hubungan Antara Perilaku Ibu Dengan Deteksi Dini Ca.Cervix Menggunakan IVA Test di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang Tahun 2013. Palembang : [s.n] ; 2013.

Utami, M. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks Pada Pasangan Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Sangkrah, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Surakarta : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Wahyuningsih, T. Faktor Risiko Terjadinya Lesi Prakanker Serviks Melalui Deteksi Dini Dengan Metode IVA (Iveksi Visual Asam Asetat). Jakarata : Departemen of Nutrition Faculty of Health Sciences, Esa Unggul University; 2014.

Wahyuningsih, T. Faktor Risiko Terjadinya Lesi Prakanker Serviks Melalui Deteksi Dini Dengan Metode IVA (Iveksi Visual Asam Asetat). Jakarata : 2014.

WHO. Public Health Round-Up Preventing Cervical Cancer. Geneva : Bulletin of the World Health Organization; 2015.

Published
2019-08-12
How to Cite
1.
Suariyani N, Kusuma Dewi M. Determinan Perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks pada Pegawai di Pemerintah Kabupaten Badung. bpk [Internet]. 12Aug.2019 [cited 13Dec.2019];47(2):107-14. Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/bpk/article/view/1246
Section
Articles