Faktor Risiko Potensial Reaksi Kusta Pada Etnis Asli di Dua Kantong Kusta – Papua

  • Antonius Antonius
  • Yuli Arisanti Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua
  • Ratna Tanjung Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua
  • Yunita Mirino Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua
Keywords: kusta, papua

Abstract

Abstract

Papua and West Papua are two provinces in Indonesia with high rate of leprosy number. One of the problems in leprosy management is the emergence of leprosy reactions. The purpose of this study was to identified  potential risk factors affecting to leprosy reaction among indigenous people in two  leprosy pockets in Papua and West Papua. Cross-sectional studies were conducted in 10 months (February-November 2018) in Jayapura City and Bintuni District, by interview using questionnaire and physical examination. Successfully found 90 subjects of leprosy patients who are undergoing treatment and 18 subjects had experienced of leprosy reaction. Although no dominant potential risk factor was found, history of previous MDT consumption and  history of BCG immunization become potential factors.

 

Key words: reaction, leprosy, papua

 

Abstrak

Papua dan Papua Barat merupakan dua provinsi di Indonesia dengan angka kejadian kusta yang tinggi. Salah satu masalah dalam penanganan kusta adalah timbulnya reaksi kusta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor risiko potensial yang berpengaruh pada reaksi kusta pada etnis asli di dua kantong kusta di Papua dan Papua Barat. Penelitian potong lintang dilakukan selama 10 bulan (Februari-November 2018) di Kota Jayapura dan Bintuni, menggunakan wawancara dengan kuisioner dan pemeriksaan fisik. Berhasil ditemukan 90 subyek pasien kusta yang sedang menjalani pengobatan dan 18 di antaranya pernah mengalami reaksi kusta. Meskipun tidak ditemukan faktor risiko potensial yang dominan, namun riwayat minum MDT sebelumnya dan riwayat tidak diimunisasi BCG menjadi faktor-faktor yang potensial.

Kata kunci: reaksi,  kusta, papua

Published
2018-12-31
How to Cite
1.
Antonius A, Arisanti Y, Tanjung R, Mirino Y. Faktor Risiko Potensial Reaksi Kusta Pada Etnis Asli di Dua Kantong Kusta – Papua. bpk [Internet]. 31Dec.2018 [cited 2May2024];46(4). Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/bpk/article/view/17
Section
Articles