PENINGKATAN EMPATI BIDAN MELALUI PEMERIKSAAN LEOPOLD DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL (MODIFIKASI OYOG) DI PUSKESMAS KALIBUNTU KABUPATEN CIREBON

  • Suharmiati Suharmiati
  • Suratmi Suratmi
  • Elit Pebryatie
Keywords: persalinan, layanan kesehatan ibu, pemeriksaan Leopold, empati bidan

Abstract

 

Latar belakang: Puskesmas Kalibuntu merupakan salah satu puskesmas di wilayah kerja Kabupaten Cirebon, dengan cakupam Persalinan Tenaga Kesehatan (linakes) sebesar 86,5 persen dan 13,5 persen masih ditolong oleh tenaga tradisional. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti perdarahan, infeksi tali pusat dan lain lain. Hasil Riset Etnografi Kesehatan Tahun 2014 di tempat yang sama, salah satu budaya yang memungkinkan untuk diadop sebagai upaya untuk meningkatkan linakes adalah oyog. Oyog adalah pijatan pada ibu hamil yang umumnya dilakukan oleh dukun bayi untuk memberikan sedikit goyangan sesuai posisi ideal janin.

Tujuan: untuk meningkatkan empati bidan melalui pemeriksaan Leopold dengan modifikasi oyog di Puskesmas Kalibuntu Kabupaten Cirebon.

Metode: penelitian ini adalah experimental non randomized pre and post test with control group design. Sampel penelitian adalah bidan masing-masing 10 orang untuk kelompok kontrol dan kasus. Intervensi adalah pelatihan pemeriksaan Leopold dengan komunikasi internal. Empati bidan diukur dengan kuesioner IRI (Interpersonal Reactivity Indeks)

Hasil: Ada perbedaan empati pada bidan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p-value 0,040 dan 0,032).

Kesimpulan: Terdapat peningkatan empati bidan melalui pemeriksaan Leopold dengan modifikasi oyog. Metode ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan hubungan antara bidan dengan pasien sehingga penerimaan pasien terhadap bidan menjadi lebih baik.

Published
2018-11-22
How to Cite
1.
Suharmiati S, Suratmi S, Pebryatie E. PENINGKATAN EMPATI BIDAN MELALUI PEMERIKSAAN LEOPOLD DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL (MODIFIKASI OYOG) DI PUSKESMAS KALIBUNTU KABUPATEN CIREBON. kespro [Internet]. 22Nov.2018 [cited 6May2024];9(1):37-. Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro/article/view/890