Dapatkah Kelas Ibu Hamil Model Virtual Meningkatkan Praktik Pencegahan Risiko Tinggi Kehamilan ?

Could Virtual Model of Antenatal Class Improve the Practices of High Risk Prevention in Pregnancy?

  • Ayun Sriatmi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro
  • Sri Suwitri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
  • Zahroh Shaluhiyah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Sri Achadi Nugraheni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro,
Keywords: Kelas Ibu Hamil, model virtual, risiko tinggi kehamilan

Abstract

Abstract

The inability of pregnant women to identify and recognize danger signs of pregnancy indicates the lack of knowledge, attitudes and perceptions of mothers about healthy pregnancies which has an impact on the low practices of prevention of high risk of pregnancy. Pregnant Women Class Program (KIH) which is held is not optimal because of the low presence of pregnant women for various reasons. The aim of study to determine the effect of the KIH-Virtual model on the practice of preventing high risk of pregnancy. This is a quasi-experimental study with case-control approach. The population is pregnant women in Semarang City. The total sample was 60 mothers for the intervention group and 61 mothers for control group. The independent variable is KIH-Virtual intervention and dependent variable is the practice of preventing high risk pregnancy (covering 7 dimensions). Data collection through interviews and observations with four times measurements (pretest, posttest 1,2,3). Partial analysis using independent-T test and Paired test. Simultaneous analysis with Linear-Mixed-Model. Statistically, there were differences in the practice of preventing high risk pregnancy between intervention groups and control at the last measurement (p<0.05). Although both groups experienced an increase in scores at each measurement stage, it was evident in the intervention group that the increase was higher for all dimensions of practice. The highest increase in the effect of interventions on communication and collaboration practices was followed by health status monitoring practices. Daily self-care practices and lifestyle practices are the dimensions with the lowest intervention effect. Virtual-KIH influences the practice of pregnant women in the prevention of high risk of pregnancy and is able to improve the practice better than conventional models that have been underway.

Abstrak 

Ketidakmampuan ibu hamil mengidentifikasi dan mengenali tanda bahaya kehamilan mengindikasikan rendahnya pengetahuan, sikap dan persepsi ibu tentang kehamilan sehat, yang berdampak pada rendahnya praktik pencegahan risiko tinggi kehamilan. Program Kelas Ibu Hamil (KIH) yang diselenggarakan belum optimal karena terkendala rendahnya kehadiran ibu hamil dengan berbagai alasannya. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh model KIH Virtual terhadap praktik pencegahan risiko tinggi kehamilan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan pendekatan kasus-kontrol. Populasi adalah ibu hamil di Kota Semarang. Jumlah sampel 60 ibu untuk kelompok intervensi dan 61 ibu untuk kelompok kontrol. Variabel bebas yaitu intervensi KIH Virtual dan variabel terikatnya yaitu praktik pencegahan risiko tinggi kehamilan (meliputi 7 dimensi). Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan 4 kali pengukuran (pretest, posttest-1,2,3). Analisis parsial menggunakan uji beda independen dan berpasangan. Analisis simultan dengan Linear-Mixed-Model. Secara statistik ada perbedaan praktik pencegahan risiko tinggi kehamilan antara kelompok intervensi dengan kontrol pada pengukuran terakhir (p<0,05). Meski kedua kelompok mengalami peningkatan skor pada setiap tahap pengukuran, namun terbukti pada kelompok intervensi peningkatannya lebih tinggi untuk semua dimensi praktik. Peningkatan tertinggi efek intervensi pada praktik komunikasi dan kerjasama, diikuti praktik pemantauan status kesehatan. Praktik perawatan diri sehari-hari dan praktik gaya hidup merupakan dimensi praktik dengan efek intervensi terendah. KIH Virtual memengaruhi praktik ibu hamil dalam pencegahan risiko tinggi kehamilan dan mampu meningkatkan praktik tersebut dengan lebih baik dibandingkan model konvensional yang selama ini berlangsung.

 

References

Agus Y,Horiuchi S. Factors Influencing the Use of Antenatal Care in Rural West Sumatra, Indonesia. BMC Pregnancy Childbirth. 2012;12(9):1–8.

Kemenkes RI. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan.. Jakarta. Indonesia: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013. 22–34 p.

Bere PID, Sinaga M, Fernandez H. Faktor Risiko Kejadian Pre-Eklamsia pada Ibu Hamil di Kabupaten Belu. J Media Kesehat Masy Indones. 2017;13(2):176–82.

Akanbiemu FA, Manuwa-OlumideA, Fagbamigbe AF, Adebowale AS. Effect of Perception and Free Maternal Health Services on Antenatal Care Facilities Utilization in Selected Rural and Semi- Urban Communities of Ondo State, Nigeria. Br J Med Med Res. 2013;3(3):681–97.

Ye Y, Yoshida Y, Harun-Or-Rashid M, Sakamoto J. Factors affecting the utilization of antenatal care services among women in Kham District, Xiengkhouang province, Lao PDR. Nagoya J Med Sci. 2010;72:23–33.

Balitbang-Kemenkes. Hasil Utama RISKESDAS 2018. Jakarta Indonesia: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2018. p. 1–220.

Agustini NNM, Suryani N, Murdani P. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga dengan Cakupan Pelayanan Antenatal di Wilayah Kerja Pukesmas Buleleng I. J Magister Kedokt Kel. 2013;1(1):67–79.

Lailatul UM, Herawati YT, Witcahyo E. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal oleh Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2013. e-Jurnal Pustaka Kesehat. 2014;2(1):58–65.

Mesfin M, Farrow J. Determinantes de la Utilización de Atención Prenatal en la Zona de Arsi, Etiopía central. Ethiop J Heal Dev. 2017;10(3).

Noronha JA, Khasawneh E Al, Seshan V, Ramasubramaniam S, Raman S. Anemia in Pregnancy-Consequences and Challenges: A review of literature. J South Asian Fed Obstet Gynaecol. 2012;4(1):64–70.

Rahmati S, Delpisheh A, Parizad N, Sayhmiri K. Maternal Anemia and Pregnancy Outcomes : a Systematic Review and Meta-Analysis. Int J Pediatr. 2016;4(8):3323–42.

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2013. p. 1–306.

Kemenkes RI. Hasil Utama RISKESDAS 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2018. 1–220 p.

Rahman A, Surkan PJ, Cayetano CE, Rwagatare P, Dickson KE. Grand Challenges: Integrating Maternal Mental Health into Maternal and Child Health Programmes. Policy Forum. PLoS Med. 2013;10(5).

Wang P, Liou S, Cheng C. Prediction of Maternal Quality of Life on Preterm Birth and Low Birthweight : a Longitudinal Study. BMC Pregnancy Childbirth. 2013;13(124):1–11.

Weinberger AH, Kashan RS, Shpigel DM, Esan H, Taha F, Lee CJ, et al. Depression and Cigarette Smoking Behavior: A Critical Review of Population-Based Studies. Am J Drug Alcohol Abuse. 2017;43(4):416–31.

Ngo CQ, Phan PT, Van Vu G, Chu HT, Nguyen TT, Nguyen MH, et al. Prevalence and Sources of Second-Hand Smoking Exposure among Non- Smoking Pregnant Women in an Urban Setting of Vietnam. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(24):1–10.

Women Research Institute. Kemiskinan, Penyebab Tingginya Kematian Ibu. Vol. Fact- sheet. Jakarta Indonesia; 2010.

Sugiarti, Soedirham O, Mochny IS. Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil untuk Deteksi Dini Risiko Tinggi Kehamilan Trimester Satu. Indones J Public Heal. 2012;9(1):27–36.

Depkes RI. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2009. 1–47 p.

Sasnitiari NN, Supliyani E, Rosaria YW, Puspitasari DA. Hubungan Keikutsertaan Ibu dalam Kelas Ibu Hamil dengan Pengetahuan dan Sikap terhadap Tanda Bahaya dalam Kehamilan di Kota Bogor. J Kesehat Repro. 2017;8(2):175– 85.

Xanda AN. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Antenatal Care (di Puskesmas Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2014). J Kebidanan Adila Bandar Lampung. 2015;11(2):28–41.

Ahldén I, Ahlehagen S, Dahlgren L, Josefsson A. Parents’ Expectations about Participating in Antenatal Parenthood Education Classes. J Perinat Educ. 2012;21(1):11–7.

Weiner EA, Billamay S, Partridge JC, Martinez AM. Antenatal Education for Expectant Mothers Results in Sustained Improvement in Knowledge of Newborn Care. J Perinatol. 2011;31(2):92–7.

Nolan ML, Mason V, Snow S, Messenger W, Catling J, Upton P. Making Friends at Antenatal Classes: a Qualitative Exploration of Friendship Across the Transition to Motherhood. J Perinat Educ. 2012;21(3):178–85.

Tomintz MN, Clarke GP, Rigby JE, Green JM. Optimising the Location of Antenatal Classes. Midwifery. 2013;29(1):33–43.

Teate A, Leap N, Rising SS, Homer CSE. Women’s Experiences of Group Antenatal Care in Australia – The Centering Pregnancy Pilot Study. Midwifery. 2011;27(2):138–45.

Astuti WW, Sofiyanti I, Widyaningsih A. Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. RAKERNAS AIPKEMA 2016 Temu Ilmiah Hasil Penelitian dan Pengabdi Masyarakat. 2016;033:19–29.

Pradany SP, Margawati A. Hubungan antara Tingkat Kehadiran Ibu di Kelas Ibu Hamil dengan Perilaku Pemberian ASI Eksklusif. J Kedokt Diponegoro. 2016;5(4):1752–9.

Khafidzoh A, Rahfiludin MZ, Kartasurya MI. Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil dengan Perilaku Ibu dalam Perawatan Masa Nifas (Studi di Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal). J Kesehat Masy. 2016;4(April):147–57.

Sihsilya EB, Kuntoro, Trijanto B. Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Praktik Inisiasi Menyusu Dini. Maj Obstet Ginekol. 2016;24(1):8–12.

Widiantari NKN, Suariyani LP, Karmaya M. Hubungan Karakteristik Sosio Demografi dan Dukungan Sosial Suami dengan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu. Public Heal Prev Med Arch. 2016;4(1):67–74.

Patriajati S, Sriatmi A. Determinants of Mothers’ Participation in Antenatal Classes. J Adm Kesehat Indones. 2019;7(2):139–46.

Kusbandiyah J, Kartasurya MI, Nugraheni SA. Analisis Implementasi Program Kelas Ibu Hamil oleh Bidan Puskesmas di Kota Malang. Universitas Diponegoro; 2013.

Fuada N, Setyawati B. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Indonesia. J Kesehat Reproduksi. 2015;6(2):67–75.

Agrawal N, Kumar S, Balasubramaniam SM ann., Bhargava S, Sinha P, Bakshi B, et al. Effectiveness of Virtual Classroom Training in Improving the Knowledge and Key Maternal Neonatal Health Skills of General Nurse Midwifery Students in Bihar, India: A pre- and post-intervention study. Nurse Educ Today. 2016;36:293–7.

Pflugeisen BM, Mou J. Patient Satisfaction with Virtual Obstetric Care. Matern Child Health J. 2017;21(7):1544–51.

Jareethum R, Titapant V, Chantra T, Sommai V, Chuenwattana P, Jirawan C. Satisfaction of Healthy Pregnant Women Receiving Short Message Service Via Mobile Phone for Prenatal Support: A Randomized Controlled Trial. J Med Assoc Thai. 2008;91(4):458–63.

Herlina S. Keefektifan Short Message Service (SMS) Reminder sebagai Media Promosi Kesehatan Ibu Hamil di Kecamatan Astambul Kabupaen Banjar. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; 2013.

Cormick G, Kim NA, Rodgers A, Gibbons L, Buekens PM, Belizán JM, et al. Interest of Pregnant Women in the Use of SMS (short message service) Text Messages for the Improvement of Perinatal and Postnatal Care. Reprod Health. 2012;9(1):1–7.

Ridgeway JL, LeBlanc A, Branda M, Harms RW, Morris MA, Nesbitt K, et al. Implementation of a new Prenatal Care Model to reduce Office Visits and Increase Connectivity and Continuity of Care: Protocol for a Mixed-Methods Study. BMC Pregnancy Childbirth. 2015;15(1):1–11.

Yani A, Suriah, Jafar N. Pengaruh SMS Reminder terhadap Perilaku Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe. J Media Kesehat Masy Indones. 2017;13(1):12–20.

Naeeni MR, Simbar M. Effect of Child Birth Preparation Classes on Empowering Iranian Pregnant Women : A Systematic Review. J Educ Community Heal. 2018;5(17):61–71. Kemenkes RI. Penuntun Hidup Sehat. Edisi 4. Jakarta Indonesia: Kemenkes RI; 2010.

Pereboom MTR, Manniën J, Spelten ER, Schellevis FG, Hutton EK. Observational Study to Assess Pregnant Women’s Knowledge and Behaviour to Prevent Toxoplasmosis, Listeriosis, and Cytomegalovirus. BMC Pregnancy Childbirth. 2013;13(98):1–12.

Sriatmi A, Suwitri S, Shahuliyah Z, Nugraheni SA. Factors of Need for Antenatal Care and its Relation to Mother’s Participation in Antenatal Education; Study in Semarang City, Indonesia. Indian J Public Heal Res Dev. 2019;10(12):1613– 7.

Maharani CT, Sriatmi A, Suryoputro A. Analisis Faktor Persepsi Kerentanan Ibu terhadap Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(5):33–8.

Armaya P, Sriatmi A, Arso SP. Analisis Kinerja Tenaga Surveilans Kesehatan (Gasurkes) Program Kesehatan Ibu dan Anak Di Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2016;4(4):112–21. 49. Mohamadirizi S, Bahadoran P, Fahami F. Effect of E-learning on Primigravida Women′s Satisfaction and Awareness Concerning Prenatal Care. J Educ Health Promot. 2014;3(1):13.

Nieuwboer CC, G.Fukkink R, Hermanns JMA. Online Programs as Tools to Improve Parenting: A Meta-Analytic Review. Child Youth Serv Rev. 2013;35(11).

McArdle A, Flenady V, Toohill J, Gamble J, Creedy D. How Pregnant Women Learn about Foetal Movements : Sources and Preferences for Information. J Women Birth. 2014;28(1):54–9.

Julaeha S. Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Vol. 11, Journal of Visual Languages & Computing. 2010. p. 287–301.

Handayani N, Azhar K, Dharmayanti I, Hapsari D, Sari P. Penajaman Strategi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil dalam Upaya Meningkatkan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Maternal. Jakarta: Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2019;5–8.

Published
2020-05-31
Section
Articles