Manajemen Pendekatan Keluarga sebagai Fokus Materi dalam Pelatihan Keluarga Sehat

Family Approach Management as a Focus Topic in Healthy Family Training

  • Eva Sulistiowati Center for Health Resources and Services, National Institute of Health Research and Development, Ministry of Health, Republic of Indonesia, Indonesia
  • Tetra Fajarwati Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan
  • Trihono Trihono
Keywords: keluarga sehat, materi, pelatihan, indonesia sehat, PISPK

Abstract

Abstract

Healthy Family Training is an important stage of implementing the Healthy Indonesia Program with a Family Approach (PISPK) to provide qualified surveyors that they are able to carry out PISPK according to the guidelines in Permenkes No. 39/2016. The results of the 2019 PISPK implementation evaluation show that the implementation of PISPK has not been optimal. Only a quarter of trained puskesmas have conducted data analysis and utilization. This paper aims to evaluate the implementation of KS training.The analysis is part of the Implementation Research with Participatory Action Research in five Health Training Centers which was conducted in two stages. The first stage was carried out in Bandar Lampung Lampung in 2017, while the second stage (2018) was carried out in Banjarmasin (South Kalimantan), Gombong (Central Java), Palu (Central Sulawesi), and Kupang, East Nusa Tenggara (NTT). The researchers act as consultants, as well as monitor the implementation of training according to monitoring instruments, and conduct in-depth interview with informants in charge of the provincial, district/city health offices, head of the puskesmas. Data were analyzed qualitatively and arranged thematically. The results show that the preparation and process of KS training in five Health Centers in Indonesia has been carried out quiet well. The training implementation team is formed based on the assignment decree, the trainers have methodological and technical competences. The suitability of participants with the criteria ranges from 90-100%. The facilities and infrastructure at the training venue are adequate, but the wi-fi signal is not strong enough. The learning process shows that the delivery of material is still program-oriented, the topic most discussed by the participants was Family Approach Management and KS Application (MI7), the material delivery of material is considered less applicable (not yet describing implementation in the field). Suggestions for the training material to focus on the the topic MI7, delivery is presented in simulation, and supported by wi-fi with sufficient bandwidth. It is necessary to strengthen the topic of field organization, data management and analysis, as well as the preparation of a plan for proposed activities.

Abstrak

Pelatihan Keluarga Sehat (KS) merupakan tahap penting pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) untuk menyediakan surveyor yang berkualitas, sehingga mampu melaksanakan PISPK sesuai pedoman dalam Permenkes No. 39 Tahun 2016. Hasil evaluasi implementasi PISPK 2019, menunjukkan bahwa pelaksanaan PISPK belum optimal. Hanya seperempat puskesmas terlatih yang telah melakukan analisis dan pemanfaatan data. Tulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan KS. Analisis merupakan bagian dari Riset Implementasi dengan Parcipatory Action Research (PAR) di lima Balai Pelatihan Kesehatan yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan di Bandar Lampung (Lampung) pada tahun 2017, sedangkan tahap ke-2 (2018) dilakukan di Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Gombong (Jawa Tengah), Palu (Sulawesi Tengah), dan Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Peneliti sebagai konsultan sekaligus memonitor pelaksanaan pelatihan sesuai instrumen monitoring serta melakukan wawancara mendalam dengan informan penanggung jawab KS Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Kepala Puskesmas. Data dianalisis secara kualitatif dan disusun berdasarkan tematik. Hasil menunjukkan bahwa persiapan dan proses pelatihan KS di lima Balai Pelatihan Kesehatan di Indonesia telah dilakukan dengan cukup baik. Tim pelaksana pelatihan dibentuk berdasarkan SK penugasan, pelatih memiliki kompetensi metodologi dan teknis. Kesesuaian peserta dengan kriteria berkisar 90-100%. Sarana dan prasarana di tempat pelatihan sudah memadai, namun sinyal jaringan nirkabel kurang kuat. Proses pembelajaran menunjukkan bahwa penyampaian materi masih berorientasi pada masing-masing program; topik yang paling banyak didiskusikan oleh peserta adalah Manajemen Pendekatan Keluarga dan Aplikasi KS (MI7); penyampaian materi dinilai kurang aplikatif (belum menggambarkan implementasi di lapangan). Saran agar materi pelatihan berfokus pada topik MI7, penyampaian disajikan dalam bentuk simulasi, dan ditunjang dengan jaringan nirkabel dengan bandwidth yang cukup. Diperlukan penguatan topik pengorganisasian lapangan, pengelolaan dan analisis data, serta penyusunan rencana usulan kegiatan.

References

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan menteri kesehatan Repubik Indonesia nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI ; 2016. p. 1–165. 209

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman umum program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. 2nd ed. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, Sekretariat Jenderal; 2017.

Bahtiar AR. Keberhasilan program pelatihan. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2018.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 44 tahun 2016 tentang pedoman manajemen puskesmas. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI ; 2016.

Alias SA, Hanafi M, Ong A, Rahman A, Rahim A. The role of training design factors in influencing training effectiveness among public service employees. 2019;9(5):898–913.

Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat. Hasil evaluasi pelaksanaan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Jakarta : Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat ; 2017.

Sulistiowati E, Susanti AL, Fajarwati T, Susilawati MD, Sapardin AN, Mujiati, et al. Riset implementasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Jakarta : Badan Litbang Kesehatan; 2017.

Sulistiowati E, Susyanty AL, Fajarwati T, Aprildah Nur Sapardin, Susilawati MD, Idaiani S, et al. Tantangan dan solusi dalam implementasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK). MKMI. 2020;forthcoming.

Direktorat Pelayanan Kesehatan. Evaluasi Implementasi PISPK. Jakarta : Direktorat Pelayanan Kesehatan; 2019.

Danley K, Ellison ML. A handbook for participatory action researchers. Boston: Center for Psychiatric Rehabilitation, Trustees of Boston University; 1999.

Siswanto. Metodologi riset untuk mengawal kebijakan. Bul Penelit Sist Kesehat. 2019;22(2):137–45.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 tahun 2014 tentang Pedoman penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi. Jakarta : Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI; 2014.

Boyatzis RE. Transforming qualitative information: thematic analysis and code development. Sage Publications, Inc. Case Western Reserve University, USA; 1998. 200 p.

Byars LL, Rue LW. Human resource management. Seventh Ed. New York : The McGrawHill Companies, editor; 2004.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI; 2016.

Sulistiowati E, Fajarwati T, Susilawati MD, Suratri ML, Sapardin AN, Harso AD, et al. Riset Implementasi peraturan menteri kesehatan RI No. 39 tahun 2016 tentang program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK) di beberapa puskesmas di Indonesia tahun 2018. Jakarta : Badan Litbangkes; 2018.

Widyasari R, Mukzam MD, Prasetya A. Pengaruh pelatihan terhadap kemampuan dan kinerja karyawan (studi pada karyawan PT. Bank Negara Indonesia cabang utama Malang ). J Adm Bisnis. 2015;2(2):1–9.

Bhatti MA, Battour MM, Sundram VPK, Othman AA. Transfer of training: does it truly happen?: an examination of support, instrumentality, retention and learner readiness on the transfer motivation and transfer of training. Eur J Train Dev. 2013;37(3):273–97.

Ismail MI. Pengaruh sarana prasarana akademik dan kualitas mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. J Pendidikan-Biologi-FK UINAM. 2014;78–90.

Sulistyowati N, Rahajeng E, Winarto AT, Hananto M, Anwar A, Laelasari E, et al. Riset evaluasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK): dinamika PISPK di beberapa kabupaten/kota di Indonesia tahun 2017. Jakarta: Badan Litbangekes; 2017.

Pusat Data dan Informasi. Hasil analisis PISPK Februari 2020. Jakarta: Pusat Data dan Informasi; 2020.

Suratri MAL, Jovina TA, Sulistyowati E. Pengetahuan masyarakat dan pelaksanaan wawancara program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK) di beberapa puskesmas di Indonesia. J Penelit dan Pengemb Pelayanan Kesehat. 2019;3(1):1–8.

Published
2020-09-30
Section
Articles