Analisis Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Pencegahan Kekambuhan Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukajaya

  • Rahmayani Rahmayani
  • Fadhiah Hanum
Keywords: Dukungan social, pencegahan kekambuhan

Abstract

Dari hasil survei pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Sukajaya terdapat 15 orang penderita gangguan jiwa. Dari jumlah penderita yang ada di puskesmas Sukajaya terdapat tingginya angka kekambuhan. Hal ini kembali menunjukkan bahwa masalah gangguan jiwa masih menjadi masalah kesehatan dan sosial yang perlu dilakukan upaya penanggulangan secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan social keluarga terhadap pencegahan kekambuhan penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah keluarga penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya yang berjumlah 32 keluarga sekaligus menjadi sampel penelitian.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara Dukungan Informasional dengan Pencegahan Kekambuhan pada penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya p value 0,002. ada hubungan antara Dukungan penilaian dengan Pencegahan Kekambuhan pada penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya p value 0,021. tidak ada hubungan antara Dukungan instrumental dengan Pencegahan Kekambuhan pada penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya p value 0,062. ada hubungan antara Dukungan emosional dengan Pencegahan Kekambuhan pada penderita gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Sukajaya p value 0,010.

Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa di seluruh desa dan mengajak Kader kesehatan Jiwa untuk peduli dan aktif dalam perannya sebagai kader, agar penderita gangguan jiwa mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan dapat mendeteksi penderita gangguan jiwa sedini mungkin.

References

1. Frieedman, C. Social Support. American Press. New York, 2008.
2. Hidayat. Bimbingan Konseling Kesehatan Mental di Sekolah. Terbitan Rosda. 2015.
3. Julianto. Membangun Kesehatan Mental Keluarga & Masa Depan Anak. Penerbit Andi Offset. 2012.
4. Riskesdas. Riset Kesehatan Dasar Indonesia. 2013.
5. World Health Organization (WHO). Angka Penderita Kesehatan Mental Dunia. 2015.
6. Siswanto. Kesehatan Mental,Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Penerbit Andi Offset. 2007.
7. Yustinus. Kesehatan Mental : Gangguan-gangguan mental yang sangat berat, Simtomatologi, Proses Diagnosis & Proses Terapi Gangguan-gangguan Mental (3). Penerbit Kanisius. 2010.
Published
2018-11-30
How to Cite
1.
Rahmayani R, Hanum F. Analisis Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Pencegahan Kekambuhan Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukajaya. sel [Internet]. 30Nov.2018 [cited 21Aug.2019];5(2):77-9. Available from: https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/sel/article/view/1493