ASPEK PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN CAKUPAN PENGOBATAN FILARIASIS LIMFATIK DI DAERAH ENDEMIS DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN

  • Tri Ramadhani
Keywords: PSP, filariasis, limfatik

Abstract

Program eliminasi Filariasis limfatik tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi masyarakat dan kerjasama lintas program maupun sektoral. lnformasi mengenai Pengetahuan, Sikap dan Praktek (PSP) masyarakat sangat penting untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam program eliminasi Filariasis. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tirto yang telah melakukan pengobatan massal mulai tahun 2003. Populasi penelitian adalah anggota TPE (Tenaga Pelaksana Eliminasi) yang ada di Kecamatan Tirto dengan jumlah sampel 100 responden kontrol dan 100 responden intervensi. lntervensi dilakukan dengan penyuluhan berupa ceramah (3 kali) dan pembagian buku saku filariasis.

Hasil penelitian menunjukkan penyuluhan dapat meningkatkan PSP responden tentang filariasis yaitu berkisar antara 1,0% sampai 16%, sedangkan cakupan pengobatan terjadi peningkatan sebesar 9, 9 %.

Penyuluhan dengan dibantu media elektronik (pemutaran film) lebih disukai responden dan berhasil meningkatkan PSP masyarakat. Guna penerapan di daerah lain diperlukan tenaga yang secara rutin dapat melakukan kegiatan tersebut. Penyuluhan harus diintegrasikan secara terpadu dengan strategi promosi melalui advokasi, bina suasana dan gerakan masyarakat.

References

-
Published
2019-01-24
How to Cite
1.
Ramadhani T. ASPEK PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN CAKUPAN PENGOBATAN FILARIASIS LIMFATIK DI DAERAH ENDEMIS DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN. blb [Internet]. 24Jan.2019 [cited 17May2024];5(02):7-0. Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/blb/article/view/1250