DISKUSI DENGAN LEAFLET VERSUS CERAMAH DENGAN LEMBAR BALIK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEYAKINAN WUS MENGENAI GAKI DI PERDESAAN ENDEMIK GAKI

  • Cati Martiyana
  • Emy Huriyati
  • Retna Siwi Padmawati
Keywords: WUS, diskusi, pendidikan kesehatan, GAKI, iodium, ceramah

Abstract

Latar Belakang. Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) masih terjadi di berbagai negara. Ibu hamil, bayi, dan balita adalah kelompok rentan GAKI. Kebutuhan iodium pada ibu hamil meningkat menjadi 250 µg/hari dari 150 µg/hari untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Asupan iodium harian tersebut harus terpenuhi agar tidak menimbulkan dampak buruk terhadap ibu atau janin diantaranya abortus, lahir mati, gangguan tumbuh kembang anak, dan dampak terburuk adalah lahir kretin. Wanita Usia Subur (WUS) merupakan sasaran potensial pendidikan kesehatan mengenai GAKI karena akan melahirkan generasi baru. Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh perbedaan metode pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan keyakinan WUS mengenai GAKI, efektivitas media intervensi yang digunakan, faktor pendukung, dan penghambat pelaksanaan pendidikan kesehatan. Metode. Jenis penelitian kuantitatif quasi experimental pretest and post test control group design dengan dukungan data kualitatif. Penelitian dilakukan di Desa Wulung Gunung dan Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang pada bulan Maret sampai dengan Juni 2018. Kelompok eksperimen diintervensi dengan diskusi menggunakan leaflet sementara kelompok kontrol dengan ceramah menggunakan lembar balik. Sampel dipilih secara simple random sampling. Sebanyak 101 WUS yang sesuai dengan kriteria inklusi terbagi menjadi dua kelompok, kelompok eskperimen (n=54 orang) dan kelompok kontrol (n=47 orang). Data kuantitatif dianalisis dengan t test berpasangan, uji Wilcoxon, t test tidak berpasangan dan Mann Whitney, sementara data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil. Terdapat perbedaan rerata skor pengetahuan, sikap dan keyakinan yang tidak bermakna setelah intervensi antara kelompok diskusi dengan leaflet dan ceramah dengan lembar balik. Faktor pendukung adalah metode dan media intervensi yang dianggap menarik oleh peserta, sementara faktor penghambat adalah tidak semua peserta aktif dalam proses intervensi dan kondisi lingkungan sekitar yang dapat mengganggu konsentrasi peserta. Kesimpulan. Metode diskusi dengan leaflet dan ceramah dengan lembar balik setara dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keyakinan individu, dan keduanya dapat menjadi alternatif pendidikan kesehatan mengenai GAKI di wilayah perdesaan endemik GAKI.

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI; 2013.

World Health Organization. Assessment of Iodine Deficiency Disorders and Monitoring Their Elimination. France: World Health Organization; 2007.

Zimmermann MB. The Effects of Iodine Deficiency in Pregnancy and Infancy. Pediatric and Perinatal Epidemiology. 2012;26(Suppl.1):108-17.

Rostami R, Beiranvend A, Nourooz-Zadeh J. Nutritional Iodine Status in Gestation and Its Relation to Geographic Features in Urmia County of Northwest Iran. Food and Nutrition Bulletin. 2012;33(4):267-72.

Iodine Global Network. Iodine Intakes are Borderline Adequate in War Torn Yemen. IDD Newsletter. 2017;45(3):3.

Mirmiran P, Nazeri P, Amiri P, Mehran L, Shakeri N, Azizi F. Iodine Nutrition Status and Knowledge, Attitude, and Behavior In Tehranian Women Following 2 Decades Without Public Education. Journal of Nutrition Education and Behavior. 2013;45(5):412-19.

Garnweidner-Holme L, Aakre I, Lilleengen AM, Brantsæter AL, Henjum S. Knowledge About Iodine in Pregnant and Lactating Women in The Oslo Area, Norway. Nutrients. 2017;9(5):1-11.

Charlton K, Yeatman H, Lucas C, Axford S, Gemming L, Houweling F. Poor Knowledge and Practices Related to Iodine Nutrition During Pregnancy and Lactation in Australian Women: Pre- and Post-Iodine Fortification. Nutrients. 2012;4:1317-27.

Elmani S, Charlton KE, Flood VM, Mullan J. Limited Knowledge About Folic Acid and Iodine Nutrition in Pregnant Women Reflected in Supplementation Practices. Nutrition and Dietetics. 2014;71(4):236-44.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.

Diyeni DS. Perbedaan Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Wanita tentang Menopause antara Cara Belajar Aktif Diskusi Kelompok dengan Leaflet Dibanding Metode Ceramah dengan Leaflet di Kompleks Solo Baru. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret, 2010.

Arias A, Scott R, Peters OA, McClain E, Gluskin AH. Educational Outcomes of Small Group Discussion Versus Traditional Lecture Format in Dental Student’s Learning and Skills Acquisition. Journal of Dental Education. 2015;80(4):459-65.

Sakiyah M, Jaji, Muharyani PW. Perbedaan Efektivitas Metode Diskusi dan Ceramah terhadap Pengetahuan Pekerja Tentang Alat Pelindung Diri (APD) di Bengkel Las Kelurahan Bukit Lama Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. 2015;2(2):115-23.

Martiyana C. Pendidikan Kesehatan Mengenai GAKI terhadap WUS di Perdesaan Daerah Endemik GAKI. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada, 2018.

Setyani A, Latifah L, Martiyana C, Riyanto S. Model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) untuk Pengembangan Media Edukasi Penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI). Media Gizi Mikro Indonesia. 2017;8(2):103-16.

Kawamata M, Kawasumi R, Tsuji F, Taniwaki N, Kawada T. Effects of Reading a Picture Leaflet on Rhythm for Enhancement of Morning Typed Life in Japanese Infants. Psychology. 2017;8:1621-41.

Sudo N. Characteristics of Educational Leaflets That Attract Pregnant Women. Health Service Insigths. 2011;4:1-10.

Setyani A, Sudargo T, Tetra Dewi FS. Metode Komunikasi Persuasif sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Wanita Usia Subur Tentang GAKI. Media Gizi Mikro Indonesia. 2014;5(2):97-110.

Shahnazi H, Sharifirad G, Hajimiri K, Hassanzadeh A. Effect of Mother’s Education based on Health Belief Model (HBM) on 3-6 Years Old Children’s Dental Plaque Index. Bulletin of Environment, Pharmacology and Life Sciences. 2014;3(9):183-88.

Huggins CM, Stamatel JP. An Exploratory Study Comparing The Effectiveness of Lecturing Versus Team Based Learning. Teaching Sociology. 2015;43(3):227-35.

Jeihooni A, Hidarnia A, Kashfi SM, Ghasemi, Askari A. A Health Promotion Program based on The Health Belief Model Regarding Women’s Osteoporosis. International Journal of Musculoskeletal Pain Prevention. 2016;1(1):7-16.

Naghashpour M, Shakerinejad G, Lourizadeh MR, Hajinajaf S, Jarvandi F. Nutrition Education based on Health Belief Model Improves Dietary Calcium Intake among Female Students of Junior High Schools. Journal of Health, Population and Nutrition. 2014;32(3):420-29.

Hartono B. Promosi Kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Hafezimoghadam P, Farahmand S, Farsi D, Zare M, Abbasi S. A Comparative Study of Lecture and Discussion Methods in The Education of Basic Life Support and Advanced Cardiovascular Life Support for Medical Students. Tr J Emerg Med. 2013;13(2):59-63.

Tabrizi A, Pourfeizi HH, Aslani H, Elmi AM, Tolouei FM, Taleb H, et al. Effect of Small Group Discussion in Residency Education Versus Conventional Education. Research and Development in Medical Education. 2016;5(1):47-9.

Mualifah L. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah terhadap Pengetahuan, Sikap Pra Remaja Menghadapi Menarche. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Keperawatan Universitas Gadjah Mada, 2015.

Yusup PM. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya; 1990.

Ludlow R, Panton F. The Essence of Effective Communication. Yogyakarta: Andi; 2000.

Raleigh MF, Wilson GA, Moss DA, Reineke-Piper KA, Walden J, Fisher DJ, et al. Same Content, Different Methods: Comparing Lecture, Engaged Classroom, and Simulation. Family Medicine. 2018;50(2):100-5.

Joshi KP, Padugupati S, Robins M. Assessment of Educational Outcomes of Small Group Discussion Versus Traditional Lecture Format among Undergraduate Medical Students. International Journal of Community Medicine and Public Health. 2018;5(7):2766-9.

DiPiro JT. Why Do We Still Lecture?. American Journal of Pharmaceutical Education. 2009;73(8): 1.

Azer SA, What Makes A Great Lecture? Use of Lectures in A Hybrid PBL Curriculum. Kaohsiung Journal of Medical Sciences. 2009; 25(3):109-15.

Aruna RT, Sarojani JK, Bharati P, Uma SH. Impact of Education Intervention on Knowledge Regarding Iodine Deficiency Disorders. Karnataka Agric J Sci. 2013;26(1):31-4.

World Health Organization. Health Education: Theoretical Concepts, Effective Strategies and Core Competencies. Cairo: World Health Organization; 2012.

Sembiring NRS. Efektivitas Metode Diskusi dan Ceramah dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS di SMP N 10 Kota Pematangsiantar. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, 2015.

Santoso B. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi antara Metode Ceramah dengan Metode Diskusi terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Pramurukti dalam Meningkatkan Kebersihan Gigi dan Mulut Usila: Kajian di Panti Wreda Elim dan Panti Wreda Pengayoman Semarang. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, 2004.

Aligol M, Nasirdeh M, Bakhtiari MH, Eslami AA. The Effects of Education on Promoting Knowledge, Beliefs and Preventive Behaviors on Brucellosis among Women: Applying A Health Belief Model. Jundishapur Journal Of Health Sciences. 2014;6(2):343-49.

Azwar S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2005.

Hill G, Arnett DB, Mauk E. Breast Feeding Intentions among Low Income Pregnant and Lactating Women. American Journal of Health Behavior. 2008;32:125-36.

Published
2018-12-12
How to Cite
1.
Martiyana C, Huriyati E, Padmawati R. DISKUSI DENGAN LEAFLET VERSUS CERAMAH DENGAN LEMBAR BALIK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEYAKINAN WUS MENGENAI GAKI DI PERDESAAN ENDEMIK GAKI. mgmi [Internet]. 12Dec.2018 [cited 28Apr.2024];9(2):83-8. Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mgmi/article/view/586