GAMBARAN KADAR IODIUM DALAM GARAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN KADAR IODIUM DALAM GARAM YANG DIBELI RESPONDEN DI KECAMATAN WARUNGGUNUNG KABUPATEN LEBAK BANTEN

  • Titus Priyo Harjatmo
  • Moch . Rachmat
  • Pritasari Pritasari
  • Antonius Sri Hartono
Keywords: iodium, garam beriodium, iodium urin

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang. Garam dapur yang terfortifikasi umumnya merupakan sumber iodium yang baik. Survei yang telah dilakukan oleh Program Studi Diploma IV Gizi Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta pada 2015 di Kecamatan Warunggunung menunjukkan bahwa kadar iodium dalam garam rumah tangga yang positif mengandung iodium hanya sebesar 33,3%. Hal ini sangat jauh dari target yang telah ditetapkan pada Universal Salt Iodization (USI). Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kadar iodium dalam garam rumah tangga berdasarkan kadar iodium dalam garam yang dibeli responden. Metode. Penelitian dilakukan di Desa Sukarendah Kecamatan Warunggunung mengingat cakupan kadar iodium yang digunakan rumah tangga masih rendah sehingga perlu diteliti kadar iodium dalam garam yang dibeli rumah tangga. Sampel penelitian adalah rumah tangga yang mempunyai anak sekolah dasar di desa tersebut yang dipilih secara cluster random sampling sebanyak 60 rumah tangga dengan titik pusat klaster rumah Ketua RT. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli 2016. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap variabel penelitian. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (75,0%) garam yang digunakan di rumah tangga dalam kategori negatif dan hanya 25,0% yang positif mengandung iodium sesuai dengan kadar yang ditentukan. Dari hasil pemeriksaan kadar iodium urine pada sampel anak sekolah dasar menunjukkan bahwa kadar iodium urine dalam kategori memadai namun dijumpai pada anak sekolah dasar yang kekurangan iodium dalam kategori sedang. Kesimpulan. Kadar Iodium dalam garam yang digunakan rumah tangga sebesar 75,0% dalam kategori kurang dari standar (30 ppm). Kecukupan iodium responden dalam kategori memadai berdasarkan nilai median Urine Iodine Excretion.

 

References

Arief Luqman Hakim H. Ss. Kesesuaian Kadar Yodium Garam D Iodium Excreation (UIE) di Daerah Endemis GAKY Berat. Undergraduate Thesis. Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Diponegoro. 2009;1–23.

Djoko Kartono, Suryati Kumorowulan MS. Bentuk dan penggunaan garam beryodium pada tingkat rumahtangga (the form and use of iodized salt at household level). Jurnal Penelitian Gizi dan Makanan. 2010;33(1):51–8.

Basset. Kimia Analisis Kuantitatif An Organik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran; 1994.

Jurusan Gizi. Laporan Hasil Pengumpulan Data Gizi dan Kesehatan di Kecamatan Warung Gunung Propinsi Banten. In: Poltekkes, editor. Jakarta; 2014.

Asih Setyani, Sri Supadmi. Hubungan Faktor Perbedaan Individual dan Ketersediaan Garam di Warung Dengan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Penggunaan Garam berIodium di Kabupaten Purworejo. Media Gizi Mikro Indonesia. 2011;1(4):135–42.

Ali Rosidi. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Garam Beriodium Dengan Ketersediaan Garam Beriodium Pada Tingkat Rumah Tangga di Desa Kranjan Kec. Tembarak Kab Temanggung. Jurnal Keperawatan. 2008;1(2):67–79.

Donny K. Mulyantoro, Anjar Triastuti AS. Hubungan Tingkat Pengetahuan ibu Tentang GAKI, Sikap dan Praktik Dengan Kualitas Garam BerIdoium di Rumah Tangga. Media Gizi Mikro Indonesia. 2014;5(2):125–38.

Nisfulaeli A, Ramlan D, Budiyanto S. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Garam Beriodium Ibu Rumah Tangga di Desa Kecepak Kecamatam Batang Kabupaten Batang. Laporan Penelitian. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Pekalongan. 2005.

Mohammad Samsudin, Yuni Rahmawati IK. Combined Indicator of Iodine Status Among School Chldren To Assess Severity o Iodine Deficiency Disorders. Jurnal Penelitian Gizi Makanan. 2012;35(2):99–109.

Masoodi SR, Ali A, Wani AI, Bashir MI, Bhat JA, Zargar AH. Goitre and urinary iodine excretion survey in schoolchildren of Kashmir Valley. Clinical Endocrinology. 2014;(1098):141–147.

Delhi N. Research Brief Iodine Deficiency Status Among School Children in Pauri, Uttarakhand. Indian Pediatr 2014;51: 569-570.

Wolka E, Shiferaw S, Biadgilign S. The effect of iodine-deficiency disorders on academic achievement of schoolchildren in Southern Ethiopia. Public Health Nutr. 2014;17(5):1120–4.

Budiman B, Budiman B. Efektiwtas intervensi garam iodium melalui rumahtangga terhadap penurunan TGR pada anak sekolah. Jurnal Penelitian Gizi dan Makanan. 2004;27(2):12–6.

Tresna Adhi K NW. Pemberdayaan Anak SD Dalam Upaya Peningkatan Konsumsi Garam Beryodium di Desa Apuan Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Majalah Udayana Mengabdi. Volume 10 Nomor 2 Tahun 2011;10(2):79–82.

Kartono D, Samsudin M, Supadmi S, Jayan K. Perkiraan Asupan Iodium dan Natrium Menggunakan Urin 24 Jam Pada Anak dan Dewasa. Media Gizi Mikro Indonesia 2014;5(2) 71–84.

Ategbo E, Sankar R, Schultink W, Der F Van. An assessment of progress toward universal salt iodization in Rajasthan , India , using iodine nutrition indicators in school-aged children and pregnant women from the same households. Asia Pac J Clin Nutr 2008;17 (1):56-62.

Estu Adriani Setiarrini, Jazilah W. Pengetahuan dengan penyimpanan garam beryodiumoleh Ibu Rumah Tangga di Desa Belah, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Media Gizi Mikro Indonesia. 2010;2:39–45.

Harjatmo TP, Herlianty MP, Hartono AS. Stunting on children under five years on family of beneficiary family hope program in Wonogiri district , Central Java. Int J Community Med and Public Health. 2018;5(7):2735–41.

Published
2018-12-12
How to Cite
1.
Harjatmo T, . Rachmat M, Pritasari P, Hartono A. GAMBARAN KADAR IODIUM DALAM GARAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN KADAR IODIUM DALAM GARAM YANG DIBELI RESPONDEN DI KECAMATAN WARUNGGUNUNG KABUPATEN LEBAK BANTEN. mgmi [Internet]. 12Dec.2018 [cited 3Jul.2024];9(1):51-0. Available from: http://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mgmi/article/view/953