Hubungan Konsumsi Alkohol dengan Cedera Disebabkan Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tahun 2018

(Analisis Data Riskesdas 2018)

  • Khairun Nisa’il Hulwah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Wahyu Pudji Nugraheni Badan Litbangkes
  • Andi Sari Bunga Direktorat Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan
  • Kurnia Sari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Budi Hidayat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Injury, traffic accidents, alcohol consumption

Abstract

The incidence of injury increased from 7.5% to 9.2% (2007-2018). The proportion of injuries due to traffic accidents in Indonesia is 2.2% and the highest is at 15-24 years of age at 4.9%. Total per capita alcohol consumption is expected to increase in Indonesia by 2025. The behavior of consuming alcoholic beverages increases the risk of traffic accidents. This study aimed to determine the relationship and the magnitude of the risk of alcohol consumption behavior with the incidence of injuries caused by traffic accidents in people aged >10 years in Indonesia. This research was a quantitative study using univariate, bivariate, and multivariate analysis. The multivariate results of the study showed a significant relationship between alcohol consumption and injuries caused by traffic accidents with OR 2.436 (95% CI: 1.233 - 4.811) after being controlled by other variables, namely age, sex, education, occupation, area of residence and island of domicile. Male group had a significant relationship with OR 1.204 (95% CI: 1.131 - 1.282), higher education was significantly associated with OR 1.953 (95% CI: 1.783 - 2.138), work was significantly associated with OR 1.230 (95% CI: 1.138 - 1.329) ), living in urban areas was significantly associated with OR 1.176 (95% CI: 1.104 - 1.253) and domicile in Sulawesi Island was significantly associated with OR 1.811 (95% CI: 1.580 - 2.077). The age variable is not significant. Alcohol consumption is the variable that has the greatest influence on injuries caused by traffic accidents. Interventions need to be focused on population groups who are more at risk in formulating health policies and programs to reduce the incidence of injuries caused by traffic accidents.

Abstrak

Kejadian cedera meningkat dari 7,5% menjadi 9,2% (2007-2018). Proporsi cedera akibat kecelakaan lalu lintas di
Indonesia sebesar 2,2% dan paling tinggi pada usia 15-24 tahun sebesar 4,9%. Total konsumsi alkohol per kapita diperkirakan meningkat di Indonesia tahun 2025. Perilaku mengonsumsi minuman beralkohol meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besaran risiko perilaku konsumsi minuman beralkohol dengan kejadian cedera disebabkan kecelakaan lalu lintas pada penduduk usia >10 tahun di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil multivariat penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara konsumsi minuman beralkohol dengan cedera disebabkan kecelakaan lalu lintas dengan OR 2,436 (95% CI: 1,233 – 4,811) setelah dikontrol oleh variabel lain yaitu variabel umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, wilayah tempat tinggal dan pulau domisili. Kelompok laki-laki berhubungan bermakna dengan OR 1,204 (95% CI:1,131 – 1,282), pendidikan tinggi berhubungan bermakna dengan OR 1,953 (95% CI: 1,783 – 2,138), bekerja berhubungan bermakna dengan OR 1,230 (95% CI: 1,138 – 1,329), tinggal di perkotaan berhubungan bermakna dengan OR 1,176 (95% CI: 1,104 – 1,253) dan domisili di Pulau Sulawesi berhubungan bermakna dengan OR 1,811 (95% CI: 1,580 – 2,077). Variabel umur tidak signifikan. Variabel konsumsi alkohol adalah variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap cedera disebabkan kecelakaan lalu lintas. Perlu fokus intervensi terhadap kelompok penduduk yang lebih berisiko dalam merumuskan kebijakan dan program
kesehatan untuk menurunkan kejadian cedera disebabkan kecelakaan lalu lintas.

References

Ajie, K. B., Sulistio, H., Suharyanto, A. (2017) Integrasi Sistem Data Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Jember. Rekayasa Sipil, Vol. 11 No. 1: 57-64. https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil.2017.011.01.8

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan: Kementerian Kesehatan RI. (2019) ‘Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018’

Badan Pusat Statistik. (2019) ‘Statistik Transportasi tahun 2018’. Jakarta: BPS

Bawah, A. (2014) ‘Road Traffic Fatalities - A Neglected Epidemic in Rural Northern Ghana: Evidence from the Navrongo Demographic Surveillance System’ Injury Epidemiology Vol 1 No 1: 22. https://injepijournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40621-014-0022-3

Bener, A., Burgut, H. R., Sidahmed, H., Albuz, R., Sanya, R., Khan, W. A (2009) ‘Road traffic injuries and risk factors’ Californian Journal of Health Promotion Vol 7 No 2: 92–101. https://journals.calstate.edu/cjhp/article/view/2017

Coats, T. J., Davies, G. (2002) ‘Prehospital Care for Road Traffic Casualties’, BMJ Vol 324: 1135-1138. http://dx.doi.org/10.1136/bmj.324.7346.1135

Fisu, A. A. (2019). Tinjauan Kecelakaan Lalu Lintas antar Wilayah pada Jalan Trans Provinsi Sulawesi Selatan. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol 4 No 1: 53-65. http://doi.org/10.51557/pt_jiit.v4i1.215.

Hosseinpour, M., Hafshejani, A. M., Aghdam, M. E., Mohammadian M., Maleki, F (2017) ‘Trend and Seasonal Patterns of Injuries and Mortality Due to Motorcyclists Traffic Accidents; A Hospital-Based Study’ Bulletin Of Emergency and Trauma Vol 5 No 1: 47–52. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5316137/

Katyal, R., Bansal, R., Agrawal, V., Goel, K., Chaudhary, V (2014). ‘Cross-sectional Study to Acknowledge the Independent Association of the Socio-demographic Determinants of Alkohol Use in an Urban Slum of North India’. International Journal of Preventive Medicine Vol 5 (6): 749-757. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4085928/

Kurniasih, D., Arninputranto, W. (2013) ‘Analisa Perilaku dan Lingkungan Berkendara Sepeda Motor Pada Pelajar SMA di Surabaya Untuk Menentukan Metode Sosialisasi dan Pembelajaran Safety Riding yang Efektif’. Jurnal Pendidikan Profesional Vol 3 No 2: 11–17. http://jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/view/3

Lin, M. R., Kraus, J. F. (2009) ‘A Review of Risk Factors and Patterns of Motorcycle Injuries’ Accident Analysis And Prevention Vol 41 No 4: 710–722. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0001457509000578

Lourens. (2016) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Mengkonsumsi Sopi (Minuman Alkoholtradisional) Pada Remaja di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon’. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 4 No 3: 121-131. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/12829

Mariana, A. T., Dewi, F. S. T. (2018) ‘Cedera Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Sleman: Data HDSS 2015-2016’. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat Vol 34 No 6: 230-235. http://hdss.fk.ugm.ac.id.

Marsaid., Hidayat, M., Ahsan. (2013) ‘Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Padaling Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres Kabupaten Malang’. Jurnal Ilmu Keperawatan Volume 1, No. 2: 98-112. https://www.jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/view/18

Meirinda, D, E. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Karyawan Pengendara Sepeda Motor di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sumber Rejeki Blora. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Vol 5, No 3, Juli 2017: 240-248. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/17218

Muratore, S., Hawes, L., Farhat, J., Reicks, J., Gipson, J., Beilman, G (2016) ‘Riding into the golden years: injury patterns and outcomes of advanced-age motorcycle trauma’ American Journal of Surgery Vol 212 No 4: 670–676. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S000296101630349X

Nantulya, V. M., Reich, M. R (2002). ‘The Neglected Epidemic: Road Traffic Injuries In Developing Countries’. BMJ Vol 324: 1139-1141. Doi: https://www.bmj.com/content/324/7346/1139.short

Pan American Health Organization. (2018) ‘Drinking and Driving’. PAHO Publication

Petridou, E., Moustaki, M. (2000) Human Factors in the Causation of Road Traffic Crashes. European Journal of Epidemiology 16: 819-826. https://link.springer.com/article/10.1023/A:1007649804201

Pribadi, E. T. (2017) ‘Penyalahgunaan Alkohol di Indonesia: Analisis Determinan, SWOT, dan CARAT’. Journal of Health Science and Prevention, Vol 1 No 1, April 2017: 22-37. http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/jhsp/article/view/15

Rajput, S. A., Dipsych, Aziz, M.O., Shiddiqui, M. A (2019) ‘Sosial Determinants of Health and Alkohol Consumption in the UK’. Epidemiology Biostatistics and Public Health Volume 16 Number 3: e13128-1 - e13128-6. http://dx.doi.org/10.2427/13128

Riyadina, W., Subik, I. (2007) ‘Profil Keparahan Cedera pada Korban Kecelakaan Sepeda Motor di Instalasi Gawat Darurat RSUP Fatmawati’, Universa Medicina Vol 26 No 2: 64-72. http://univmed.org/ejurnal/index.php/medicina/article/view/297

Santoso, T., Yuniarti, F. A., Rossida. (2017) ‘Hubungan Pekerjaan dan Penghasilan dengan Konsumsi Minuman Keras pada Remaja di Ngemplak Seneng Manisrenggo Klaten Jawa Tengah’. Journal of Health Vol 4 No 2: 87-91. Doi: http://journal.gunabangsa.ac.id/index.php/joh/article/view/103

Sulistiyowati, N., Senewe, F. P. (2014). Pola Penyebab Kematian Usia Produktif (15-54 Tahun) Analisis Lanjut dari Pengembangan Registrasi Kematian dan Penyebab Kematian di Kabupaten/Kota di Indonesia tahun 2012. Jurnal Kesehatan Reproduksi Vol 5 No 1, April 2014: 34-37. https://media.neliti.com/media/publications/105886-ID-pola-penyebab-kematian-usia-produktif-15.pdf

Suraji, A., Tjahjono, N., Cakrawala, M., Effendy, S. B (2010) ‘Indikator Faktor Manusia terhadap Kecelakaan Sepeda Motor’, Jurnal Transportasi Vol 10 No 2: 125-134. http://103.36.68.33/index.php/journaltransportasi/article/view/388

Suriyawongpaisal, P., Kanchanasut, S. (2003) ‘Road Traffic Injuries in Thailand: Trends, Selected Underlying Determinants and Status of Intervention’ Injury Control and Safety Promotion Vol 10 No 1-2: 95-104. http://dx.doi.org/1566-0974/03/1001-2-095

Takahasi, R., Wilunda, C., Magutah, K., Tenambergen, W. M., Wilunda, B., Perngparn, U (2017) ‘Correlates of Alkohol Consumption in Rural Western Kenya: A Cross-Sectional Study’. BMC Psychiatry 17: 175. https://link.springer.com/article/10.1186/s12888-017-1344-9

Utama, S. U., Magetsari, R., Pribadi, V. (2008) ‘Estimasi Prevalensi Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Capture-Recapture’. Berita Kedokteran Masyarakat Vol. 24, No. 1: 16-26.: https://core.ac.uk/download/pdf/295355701.pdf

World Health Organization (2014) ’Injuries and Violence the Facts’. Geneva: WHO

World Health Organization (2018) ‘Global Status Report on Alkohol and Health 2018’. Geneva: WHO

World Health Organization (2018) ‘Global Status Report on Road Safety 2018: Summary’.[online] tersedia di https://extranet.who.int/roadsafety/death-on-the-roads/#alkohol diakses pada 27 Februari 2020

World Health Organization (2020) ‘Road Traffic Injuries’ [online] tersedia di https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/road-traffic-injuries pada 21 Juli 2020

Published
2021-02-08