Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Cedera pada Pengendara Sepeda Motor Siswa SMK Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen

-

  • Kurniasih Kurniasih PNS
  • Eka Denis Machfutra Badan Riset dan Inovasi Nasional
  • Zainul Khaqiqi Nantabah Badan Riset dan Inovasi Nasional
Keywords: cidera, kecelakaan, remaja, sepeda motor

Abstract

Traffic accidents are the biggest cause of injury. Two of the three main causes of death are injuries from traffic accidents, which are expected to increase further than other causes of death. The number of injuries caused by riding in Kebumen District from 2014 to 2016 involves mainly motorcycles, occurring in the 15-30 year age group, with private and student status that did not possess any driving license. This study determines factors related to the incidence of injury on motorcyclist students of 1 State Vocational High School Puring, Kebumen District academic year 2016/2017 based on host factors, agent factors, and environmental factors. This study was a cross-sectional design with a random sampling technique on 313 motorcyclists. Questionnaires disseminated as the data collection. The analysis was either univariate or bivariate with a significance level p-value<0.05. Drivers were dominantly male. Most occupation of the parents was farmers. The majority of motorists never participate in any safe driving socialization, and the average age was 11 years old when they started to ride a motorcycle. The average mileage per day was 11 km. Bivariate analysis results no correlation among sex, parental occupation, age of first started to ride a motorcycle, use of personal protective equipment, the safe driving socialization, the vehicle feasibility, the driving license ownership, and parental support for safe driving with the incidence of injury. There was a relationship between distance to school, knowledge of safe driving, and friend's motivation to safe driving with injuries.

Abstrak

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab cedera terbesar. Salah satu penyebab utama kematian adalah cedera akibat kecelakaan lalu lintas, yang diperkirakan terus meningkat dibandingkan dengan penyebab kematian lain. Jumlah kejadian cedera akibat berkendara di Kabupaten Kebumen tahun 2014−2016, banyak melibatkan kendaraan sepeda motor dengan pengendara usia 15−30 tahun, berstatus swasta, pelajar serta tidak memiliki SIM. Studi ini mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan kejadian cedera pada pengendara sepeda motor siswa SMK Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan host, agent dan environment factors. Penelitian menggunakan desain potong lintang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sample pada 313 pengendara sepeda motor. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan univariat dan bivariatengan tingkat signifikansi p-value < 0.05. Terdapat pengendara terbanyak usia 16 tahun sejumlah 145 pengendara, pengendara yang berusia 17˗21 tahun sejumlah 129 pengendara, didominasi laki-laki dan pekerjaan orangtua petani. Mayoritas pengendara tidak mengikuti sosialisasi berkendara yang aman. Sejak usia 11 tahun mereka mulai aktif mengemudikan sepeda motor dengan Jarak tempuh 11 km perhari. Hasil analisis bivariabel menunjukkan tidak ada keterkaitan antara usia, jenis kelamin, pekerjaan orangtua, usia awal pengendara sepeda motor mulai aktif mengemudikan sepeda motor, penggunaan alat pelindung diri, sosialisasi berkendara yang aman, kepemilikan SIM C, faktor kelayakan kendaraan dan dukungan orangtua dalam berkendara yang aman dengan kejadian cedera. Terdapat hubungan antara jarak tempat tinggal dengan sekolah, pengetahuan tentang berkendara yang aman dan dukungan teman dalam berkendara yang aman dengan kejadian cedera. Dukungan teman sebaya menjadi faktor paling dominan menentukan terjadinya cedera. Siswa yang tanpa dukungan berkendara aman memiliki risiko cedera. Maka, sosialisasi berkendara oleh pihak kepolisian dan kolaborasi dengan sekolah menjadi hal yang wajib untuk siswa berkendara aman dan selamat di jalan.

Author Biography

Kurniasih Kurniasih, PNS

PNS at Puskesmas Puring Kebumen

References

Badan Litbangkes. 2019. Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta. Retrieved from http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Bagaskara, S. 2017. Perbandingan Perilaku Mengemudi Berisiko antara Pengemudi Mobil dan Pengendara Sepeda Motor dan Kaitannya dengan Faktor-Faktor Kepribadian. Jurnal Transportasi (Vol. 17). https://doi.org/10.26593/JT.V17I2.2721.%P

Basumerda, C., Dharmastiti, R., & Wijaya, A. R. 2014. Pengaruh Jenis Edukasi Keselamatan Berkendara terhadap Pemahaman Calon Pengendara Mobil dalam Menghadapi Konflik Lalu Lintas. Teknoin, 20(4). https://doi.org/10.20885/.V20I4.7446

Buntara, A. 2019. Cedera Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia: Faktor Risiko Serta Strategi Pencegahan dan Intervensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 11). Retrieved from https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/25

Chin, H., Zabihi, H., Park, S., Yi, M. Y., & Lee, U. 2017. Watchout: Facilitating safe driving behaviors with social support. In Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings (Vol. Part F1276, pp. 2459–2465). New York, NY, USA: Association for Computing Machinery. https://doi.org/10.1145/3027063.3053188

Darmawati, H., & Alamsyah, A. 2019. Gender dan Ekonomi (Analisa Terhadap Mitra Go-Jek Perempuan di Indonesia Tahun 2018). AL-WARDAH, 12(1), 1. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i1.130

Ditjen Perhubungan Darat. 2009. Tata Cara Bersepeda Motor Di Indonesia. Retrieved March 4, 2020, from https://dishub.malangkota.go.id/wp-content/uploads/sites/16/2016/05/BUKU-PETUNJUK-TATA-CARA-BERSEPEDA-MOTOR-DI-INDONESIA.pdf

Gorin, S. S., & Arnold, J. 2006. Health Promotion in Practice | Wiley. Retrieved November 23, 2020, from https://www.wiley.com/en-id/Health+Promotion+in+Practice-p-9780787979614

Kusuma, V. L. 2018. Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan orang tua mengizinkan anak berkendara sepeda motor. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47106

Machfutra, E. D., Noor, A., Asropi, A., Luxiarti, R., & Mutmainah, N. F. 2019. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Putri Pesantren X Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 236 – 246–236 – 246. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.930

Marsaid, Hidayat, M., & Ahsan. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2). Retrieved from www.jik.ub.ac.id

Marsaid Marsaid, M Hidayat, A. A. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 98–112. Retrieved from www.jik.ub.ac.id

Möller, H., Senserrick, T., Rogers, K., Sakashita, C., de Rome, L., Boufous, S., … Ivers, R. 2020. Crash risk factors for novice motorcycle riders. Journal of Safety Research, 73, 93–101. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2020.02.003

Møller, M., & Haustein, S. 2014. Peer influence on speeding behaviour among male drivers aged 18 and 28. Accident Analysis and Prevention, 64, 92–99. https://doi.org/10.1016/j.aap.2013.11.009

Nastiti, F. A. 2018. Hubungan antara Kepemilikan SIM C dan Keikutsertaan dalam Tes Pembuatan SIM dengan Pengetahuan Berkendara dan Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Sidoarjo. The Indonesian Journal of Public Health, 12(2), 167. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i2.2017.167-178

Pierro, A., Giacomantonio, M., Pica, G., Giannini, A. M., Kruglanski, A. W., & Higgins, E. T. 2013. Persuading drivers to refrain from speeding: Effects of message sidedness and regulatory fit. Accident Analysis and Prevention, 50, 917–925. https://doi.org/10.1016/j.aap.2012.07.014

Ruzain, R. B., Herawati, Y., & Christofa, D. 2020. Hubungan Pengetahuan Berkendara Selamat dengan Kecelakaan Pengemudi Transportasi Roda Dua Berbasis Online di Kota Pekanbaru. JURNAL ISLAMIKA, 3(1), 161–169. https://doi.org/10.37859/jsi.v3i1.1706

Sari, W. P., Mahyuni, E. L., & Salmah, U. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Potensi Kecelakaan Kerja pada Pengemudi Truk di PT Berkatnugraha Sinarlestari Belawan Tahun 2015.

Simons-Morton, B., & Ehsani, J. P. 2016. safety Learning to Drive Safely: Reasonable Expectations and Future Directions for the Learner Period. https://doi.org/10.3390/safety2040020

Solah, M. S., Hamzah. A, Mohd Jawi, Z, Ariffin, A. H., Paiman, N. F., Md Isa, M. H., & Khalid, M. S. 2019. The Requisite for Motorcycle Personal Protective Clothing: Malaysia’s Perspective | Solah | Journal of the Society of Automotive Engineers Malaysia. Retrieved February 3, 2021, from http://www.jsaem.saemalaysia.org.my/index.php/jsaem/article/view/73

Stephens, A. N., Brown, J., de Rome, L., Baldock, M. R. J., Fernandes, R., & Fitzharris, M. 2017. The relationship between Motorcycle Rider Behaviour Questionnaire scores and crashes for riders in Australia. Accident Analysis and Prevention, 102, 202–212. https://doi.org/10.1016/j.aap.2017.03.007

Sulistiyowati, S., & Indrawati, E. S. 2019. Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Kepercayaan Diri Pada Pemain Futsal Universitas Diponegoro. Empati, 8(1), 21–26. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23569

Waluyo, B., & Prasetyo, H. 2019. Pembangunan Budaya Kesadaran Berkendara Sepeda Motor yang Aman di Kalangan Pelajar SMAN 66 Jakarta. SABDAMAS (Vol. 1). Retrieved from http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/

Wandi, G. 2015. Rekonstruksi Maskulinitas: Menguak Peran Laki-Laki dalam Perjuangan Kesetaraan Gender. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 5(2), 239. https://doi.org/10.15548/jk.v5i2.110

Weston, L., & Hellier, E. 2018. Designing road safety interventions for young drivers – The power of peer influence. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 55, 262–271. https://doi.org/10.1016/j.trf.2018.03.003

World Health Organization. 2009. Global Status Report On Road Safety Time For Action. Retrieved from www.who.int/violence_injury_prevention

Wu, D., Hours, M., & Martin, J. L. 2018. Risk factors for motorcycle loss-of-control crashes. Traffic Injury Prevention, 19(4), 433–439. https://doi.org/10.1080/15389588.2017.1410145

Wulandari, A., Ghani, H. A., & Nafikadini, I. 2016. Dukungan Sosial terhadap Self Efficacy Remaja yang Pernah Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas ( Social Support of Self Efficacy of the Adolscent that Have Had a Traffic Accident ). UNEJ PRESS. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77183

Wulandari, S., Jayanti, S., & Widjasena. 2017. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Berkendara Aman (Safety Riding) pada Kurir Pos Sepeda Motor di PT. Pos Indonesia Cabang Erlangga Semarang 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) (Vol. 5). Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Zimmerman, K., Jinadasa, D., Maegga, B., & Guerrero, A. 2015. Road Traffic Injury on Rural Roads in Tanzania: Measuring the Effectiveness of a Road Safety Program. Traffic Injury Prevention, 16(5), 456–460. https://doi.org/10.1080/15389588.2014.973491

Published
2022-05-31