Current Issue

PEDOMAN UMUM PENILAIAN TEKNOLOGI KESEHATAN DI INDONESIA

Pedoman Umum Penilaian Teknologi Kesehatan di Indonesia
Bahasa               : Indonesia
Penerbit              : Lembaga Penerbit Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan
Tempat Terbit     : Jakarta
Tahun Terbit        : 2022
Jumlah Halaman : 74
Tinggi buku         : 21 cm

SINOPSIS BUKU

Pedoman Umum Penilaian Teknologi Kesehatan di Indonesia
Buku ini termuat pedoman dalam pelaksanaan Penilaian Teknologi Kesehatan yang dilakukan evaluasi berbagai aspek dari suatu teknologi kesehatan yang baru maupun yang telah ada sebelumnya dengan menyatukan dan menyintesis bukti-bukti efektivitas, biaya, dan dampaknya terhadap kualitas hidup pasien. Saat ini kebutuhan untuk dilakukan PTK semakin bertambah banyak, seiring dengan semakin meningkatnya jumlah usulan dari asosiasi profesi, farmasi, fasilitas kesehatan yang menunjukkan bahwa kebutuhan untuk adopsi teknologi kesehatan di Indonesia cukup tinggi. Untuk itu, diperlukan pedoman PTK sebagai acuan implementasi pelaksanaan PTK yang berkualitas dan terstandar dalam mendukung pengambilan keputusan kebijakan teknologi kesehatan yang transparan dan berbasis bukti mulai dari proses seleksi topik prioritas, asesmen, proses appraisal, dan penyusunan nota rekomendasi kebijakan HTA.

Published: 2022-12-26
View All Issues

Hasil ilmiah Badan Litbangkes yang diterbitkan dalam bentuk buku, prosiding, juknis, pedoman, dsb akan lebih berkualitas dengan nilai angka kredit yang jauh memadai jika diterbitkan oleh publishing house yang telah menjadi anggota IKAPI.
Pada akhir tahun 2013, Badan Litbangkes telah mendirikan publishing house dengan nama Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan-Kementerian Kesehatan RI dan sudah terdaftar di IKAPI, dengan No. 468/DKI/XI/2013 tertanggal 1 November 2013. Pada tahun 2015 dilakukan revisi keanggotaan publishing house dengan nama Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB) dengan No. 468/DKI/XI/2013 tertanggal 1 November 2015.

Tahun 2014, adalah tahun dimana LPB mulai mereview dan menerbitkan beberapa buku, baik yang bersifat kajian ilmiah maupun semi ilmiah/populer, dengan terbitan pertama berjudul “ Pak Hon, Ransel dan Takdir” yang selanjutnya diikuti dengan beberapa terbitan lainnya.

Tingkat kutipan buku yang diterbitkan oleh LPB dapat dilihat di sini.